Sukses

Rentetan Peluru Terjang Masjid, 44 Orang Meninggal

Tiba-tiba saja rentetan peluru memecah keheningan pagi di sebuah masjid di timur laut Nigeria.

Tiba-tiba saja rentetan peluru memecah keheningan pagi di sebuah masjid di timur laut Nigeria. Akibatnya 44 orang menjadi korban. Mereka semua meninggal dunia di lokasi penembakan itu, sebelum sempat dievakuasi oleh tim penyelamat.

Insiden penembakan itu terjadi pada Minggu 11 Agustus usai salat subuh, namun beritanya baru tersebar ke publik pada Senin 12 Agustus waktu setempat. Seperti dimuat pada BBC, Selasa (13/8/2013), serangan itu terjadi di kota Konduga, 35 km dari ibukota negara bagian Maiduguri.

Selain 44 orang meninggal dunia, Nigeria Daily Post melaporkan lebih dari 26 orang dirawat karena mengalami luka  dalam insiden penembakan itu. Seluruhnya telah dilarikan ke rumah sakit di Maiduguri.

Seorang anggota dari kelompok hakim sipil mengatakan, 4 dari korban tewas kena terjangan peluru ketika hendak memberikan bantuan setelah mendengar ada insiden penembakan.

Tak berapa lama, 12 warga sipil juga dilaporkan tewas di Desa Ngom, tak jauh dari Maiduguri.

Menurut pemberitaan media, orang-orang bersenjata yang menembaki masjid itu diduga berasal dari kelompok Islam Boko Haram, yang telah menewaskan ribuan orang di Nigeria utara sejak 2009.

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan sempat menyatakan keadaan darurat di 3 negara bagian utara dan timur Nigeria pada Mei, karena pasukannya melakukan serangan terhadap militan Islam yang telah menewaskan banyak warganya.

Kelompok militan Boko Haram memang disebut-sebut ingin menggulingkan pemerintah Nigeria, dan menciptakan negara Islam di utara. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini