Sukses

Jokowi Melongok ke Dalam Gorong-gorong Blok G Tanah Abang

Tiap kali bertemu gorong-gorong, Jokowi dan ajudan membuka penutup gorong-gorong yang terbuat dari kayu. Melongok ke dalamnya.

Hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran, alih-alih melakukan inspeksi mendadak (sidak) kehadiran PNS, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi memilih 'blusukan' ke Jalan Kebon Jati, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dengan memakai kemeja putih favoritnya, Jokowi turun dari mobil Toyota Innova berplat B 1124 BH lalu berjalan ke trotoar depan gedung Blok G.

Tiap kali bertemu gorong-gorong, Jokowi dan ajudan membuka penutup gorong-gorong yang terbuat dari kayu. Tampak air yang menggenang berwarna hitam pekat. Jokowi bahkan melongokkan kepala, mengecek keadaan di dalamnya.

"Suruh Dinas Pekerjaan Umum (PU) segera ngecor," ujar Jokowi setelah mengecek 3 gorong-gorong di Kebon Jati, Senin (12/8/2013).

Ia mengatakan, sebelum dilakukan penertiban di kawasan tersebut, air masih terlihat tergenang hingga ke jalan. Sebab, kurangnya pemeliharaan saluran air sehingga menyebabkan aliran air tersendat.

"Airnya kemaren masih ada, sekarang udah nggak ada. Mampet. Nggak pernah dipelihara," kata Jokowi.

Selain gorong-gorong, mantan Walikota Surakarta itu juga mengecek lokasi pintu utama atau gerbang menuju Blok G Tanah Abang. Namun, ternyata belum dilakukan pemasangan pintu tersebut. Saat ini, masalah PKL sudah dapat diatasi oleh Pemprov DKI. Hanya saja masalah infrastruktur masih dalam proses perbaikan, salah satunya pintu utama Blok G.

"Saya pikir hari ini udah dikerjain pintu utamanya, tapi ternyata belum. Tapi ini dalam proses, dikerjain di pabrik, terus dibawa ke sini, prek, jadi," kata Jokowi. (Ary/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.