Sukses

Jokowi: Normalisasi 13 Sungai!

Lebaran kali ini, beberapa titik di Jakarta kedatangan tamu tak diundang, banjir.

Lebaran kali ini, beberapa titik di Jakarta kedatangan tamu tak diundang, banjir. Jengah dengan kehadiran banjir Ibukota, Gubernur DKI Jakarta Jokowi pun menginstruksikan segera normalisasi sungai sebagai solusi.

"Normalisasi sungai, tidak ada jalan lain," kata Jokowi di salah satu lokasi banjir, Kelurahan Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jumat (9/8/2013).

"Kita ada 13 sungai, normalisasi semuanya," ucap pria bernama lengkap Joko Widodo itu.

Jokowi menuturkan, ketiga belas sungai yang membelah Ibukota itu harus segera dilebarkan dan dinormalkan kembali fungsinya. Namun tak cuma normalisasi sungai di Jakarta, mantan Walikota Solo itu juga memandang pentingnya kondisi resapan air di Bogor, Jawa Barat. Sebagai daerah yang berada di Jakarta, Bogor seringkali menyumbangkan banjir kiriman.

"Tetapi ingat, itu hanya di DKI. Apapun tergantung sekali yang di atas (Bogor), yang di daerah atas. Kalau di sana tidak ada penghutanan kembali, tidak ada penghijauan, tidak ada penataan kawasannya, di sini walau dinormalisasi, ya berat," ujarnya.

Untuk itu, Jokowi kini tengah menggandeng serta Walikota Bogor Diani Budiarto dalam berbagai program pencegahan banjir. Selain Pemerintah Kota Bogor, pemerintah pusat juga harus ambil bagian dalam usaha mengobati salah satu penyakit kronis di Jakarta ini.

"Ya ketemu, bicara sih udah, yang paling penting kan implementasi lapangannya dan itu memang dikoordinasi pemerintah pusat, kuncinya yang men-drive (mengendalikan) itu pemerintah pusat," jelas Jokowi.

"Selama hujan seperti ini, yang bukan setahun-dua tahun, dan ini masih di Jakarta sudah puluhan tahun, normalisasi satu per satu, masih mengurangi. Tapi juga masih tergantung lagi yang di hulu atas," pungkas Jokowi. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.