Sukses

1.000 Paket Sembako bagi Korban Banjir Way Ela

Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) menggandeng Perum Penggadaian membagikan 1000 paket sembako bagi para korban banjir Way Ela di pengungsian.

Citizen6, Maluku: Menjelang Idul Fitri, derita korban banjir Way Ela, Maluku Tengah belum juga usai. Karena itu Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) menggandeng Perum Penggadaian membagikan 1000 paket sembako bagi para korban banjir di pengungsian. Paket-paket tersebut berisi biskuit, susu, gula dan sirup. Diharapkan dengan paket ini keceriaan Ramadan dan Lebaran Idul Fitri juga singgah di hati para korban.  

Paska jebolnya dam Way Ela, hingga saat ini sebagian korban ada yang masih tinggal di rumah-rumah kerabatnya yang tidak terkena kerusakan parah karena banjir, sedangkan sebagian lagi ada yang masih tinggal di pengungsian. Ini salah satunya mengapa program PKPU masih terus berjalan. Selain itu trauma healing untuk anak-anak terus dilakukan, kajian Ramadan terus diberikan, baju koko untuk anak-anak juga dibagikan, motivasi untuk bangkit, menata hidup dan tekad untuk mandiri juga terus disampaikan kepada para korban di pengungsian.

Apa yang dilakukan PKPU dengan mitra-mitra ini diharapkan dapat meringankan derita para korban banjir Way Ela. Diberitakan sebelumnya Way Ela dilanda banjir akibat jebolnya Dam Way Ela, Maluku Tengah, pada Kamis 25 Juli 2013. Peristiwa jebolnya Dam Way Ela mengakibatkan sebanyak 470 bangunan rumah serta fasilitas sosial rata dengan tanah. Kondisi curah hujan yang masih cukup tinggi bahkan di beberapa titik di sekitar lokasi telah menimbulkan longsor hingga menyebabkan beberapa ruas jalan tertutup.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sampai 31 juli tercatat, korban banjir dan tanah longsor Kota Ambon bertambah menjadi 12 orang tewas. (Kismo/Mar)

Kismo adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat emailnya di kismo_ok@yahoo.com.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini