Sukses

Berapa Besar Zakat yang Dikeluarkan Jokowi?

Sebagai seorang muslim yang taat, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengeluarkan sebagian harta yang dimilikinya untuk menunaikan zakat.

Sebagai seorang muslim yang taat, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengeluarkan sebagian harta yang dimilikinya untuk menunaikan zakat. Sebagai kewajiban, pria yang akrab disapa Jokowi ini tak mau menunda pembayaran zakat tersebut.

"Sudah. Saya pasti sudah bayar. Saya bayar zakatnya di awal-awal," ujar Jokowi usai mendampingi Presiden SBY di Kantor Pusat Baznas, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin, (5/8/2013).

Mantan Walikota Solo ini menjelaskan, sebagai pejabat daerah, Jokowi mengaku dirinya telah menyalurkan zakat fitrah dan zakat mal dirinya dan juga keluarganya di Baznas Provinsi DKI Jakarta. Ia pun menyebutkan, berapa besar jumlah zakat yang telah dikeluarkan.

"Yang ke Bazis Rp 20 juta untuk zakat mal. Zakat mal yang kita langsung berikan juga kan ada," kata dia.

Menurut dia, selain membayar zakat di Bazis, Jokowi mengatakan dirinya juga menyalurkan langsung zakat mal ke masyarakat langsung selama ini. Berapa besarannya? Politisi PDIP ini enggan menyebutkan.

"Ada yang kita berikan sebagian ke Bazis. Ada yang langsung kita berikan ke masyarakat. Yang Bazis saja lah Rp 20 juta. Yang lain saya nggak mau ngomong," tutup Jokowi. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • zakat