Sukses

Jokowi Ganti Metro Mini dan Kopaja Tak Layak Akhir Tahun

Bus Metro Mini di Jakarta, rata-rata sudah berumur 15 hingga 30 tahun, namun, masih saja dioperasikan.

Bus Metro Mini di Jakarta, rata-rata sudah berumur 15 hingga 30 tahun, namun, masih saja dioperasikan. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan mengganti sejumlah bus, baik Metro Mini maupun Kopaja yang sudah sangat mengkhawatirkan keamanannya.

Sebanyak 40 Metro Mini akhirnya dikandangkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI. Namun, tidak hanya terfokus pada Metro Mini, Pemprov DKI Jakarta juga menetapkan kebijakan yang sama terhadap angkutan umum lainnya, seperti Kopaja.

"Tidak cuma itu. Tapi semuanya, Metro Mini dan Kopaja," ujar politisi PDIP yang karib disapa Jokowi itu di Jakarta, Kamis (2/8/2013).

Pemprov DKI pun sedang dalam proses mendatangkan tambahan bus angkutan umum yang baru sekitar 1.000 unit. Rencananya, penambahan tersebut akan dilakukan pada November dan Desember tahun ini.

"Bus (ukuran) sedang akan datang November-Desember, nanti sebagai pengganti (Metro Mini). Kopaja juga diganti dong kalau tidak layak gimana? Nanti semuanya diganti akhir tahun," kata mantan Walikota Surakarta itu. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.