Sukses

[VIDEO] PKL Membandel, Pasar Tanah Abang Kian Semrawut

Pasar Tanah Abang masih diwarnai kemacetan karena bandelnya pedagang kaki lima (PKL).

Pasar Tanah Abang masih diwarnai kemacetan karena bandelnya pedagang kaki lima (PKL). Upaya penertiban selama ini diduga terganjal kuatnya aksi beking preman.

Pantauan Liputan 6 SCTV, Sabtu (27/7/2013), para PKL di Tanah Abang berjualan hingga ke badan jalan. Parahnya, para pedagang hanya menyisakan satu lajur saja untuk kendaraan melintas. Kemacetan dan kesemrawutan pun tak terhindarkan.

Walau disediakan tempat berdagang di Blok G Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, para PKL enggan menempatinya. Sulitnya menertibkan para pkl ditengarai karena andil sejumlah pelindung terselubung atau preman. Karena takut, pedagang enggan menuturkan sepak terjang mereka.

Sebagian pedagang memang tidak langsung ditarik pungutan oleh preman, tetapi mereka membayar berbagai biaya lain seperti parkir atau jatah THR jelang lebaran ini.

Untuk memberantas para preman, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo akan merangkul Polda Metro Jaya, termasuk untuk mengusut siapa saja yang menikmati aliran dana preman.

Namun, Jokowi menegaskan, lebih mengutamakan cara-cara damai dengan mengajak para preman bicara. Sehingga penertiban PKL yang ditargetkan usai lebaran bisa dilaksanakan. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini