Sukses

Survei Capres via Telepon, Jokowi Juga Ungguli Megawati

Survei Aliansi Pemuda Indonesia (API) Perubahan juga menempatkan mantan Walikota Solo yang akrab disapa Jokowi itu sebagai 'pemenang'.

Hasil lembaga survei terus mengunggulkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai Calon Presiden 2014. Seperti survei Aliansi Pemuda Indonesia (API) Perubahan yang juga menempatkan mantan Walikota Solo yang akrab disapa Jokowi itu sebagai 'pemenang'.

Dalam survei itu, seandainya pilpres dilakukan hari ini, Jokowi meraih 20,7% dari 650 responden. Menurut Sekjen API Perubahan Dendy Susianto, masyarakat melihat Jokowi sebagai orang yang paling pantas di-capres-kan. Namun hal itu bisa saja berubah.

"Jadi masyarakat melihat Jokowi sebagai orang yang paling pantas di-capres-kan. Sampai sekarang Jokowi. Mungkin 5 bulan bisa saja berubah. Tapi sekarang masih nama Jokowi masih leading," kata Dendy di Gedung Jakarta Media Center, Jakarta, Rabu (24/7/2013).

Survei yang dilakukan ini berbeda dari biasanya. API Perubahan menggunakan metode telepolling atau polling yang dilakukan melalui telepon ini. Hasilnya Jokowi berada diurutan pertama. Kemudian 10 besar capres lainnya menyusul, seperti Prabowo Subianto dengan 11,2%, Dahlan Iskan 7,8%, Jusuf Kalla 6,2%, Aburizal Bakrie 5,4%, Mahfud MD 4,2%, Hatta Rajasa 2,6%.

Sementara Ketua Umum PDIP yang juga bosnya Jokowi di partai, Megawati Soekarnoputri berada di urutan ke-8. Megawati hanya mendapat 2,0%. Diikuti Djoko Suyanto 1,9% dan Rhoma Irama 1,4%.

"Jadi kita menggunakan sistem multistage random sampling dari 650 responden. Wawancara dilaksanakan pada awal Juni sampai 1 Juli atau paling cepat dilakukan selama 3 minggu," ujar Dendy.

Dari jumlah responden itu, pemilih berusia 17 tahun atau sudah menikah dengan komposisi 50% pria dan 50% perempuan. "Margin of Error sebesar 3,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95%," pungkas Dendy. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Survei

Video Terkini