Sukses

PKL Ancam Somasi Ahok, Jokowi Minta Maaf

Alih-alih akan memenjarakan para PKL, Jokowi justru meminta maaf kepada PKL bila selama ini pihaknya dianggap keliru mengambil keputusan.

Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) akan melakukan somasi Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Somasi dilayangkan karena Ahok mengancam akan memenjarakan pedagang Pasar Tanah Abang yang tetap menolak direlokasi. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun tidak mempermasalahkan ancaman itu.

Politisi PDIP yang akrab disapa Jokowi itu malah mempersilakan APKLI melakukan somasi kepada Ahok. "Kalau mau somasi ya nggak apa-apa," ujar Jokowi di kantor Walikota Jakarta Utara, Rabu, (23/7/2013).

Ketika ditanya apakah pernyataan itu menunjukkan Jokowi juga sepakat dengan Ahok yang akan memenjarakan PKL bandel, Jokowi tidak menampik. "Ini kan kalau ada unsur pidananya, kalau nggak ya ndak," kata Jokowi.

Jokowi juga membantah kalau relokasi para PKL itu dikatakan sebagai upaya melanggar HAM. Sebab, pihaknya tidak hanya menggusur begitu saja, namun juga direlokasi ke tempat yang lebih baik.

"Pelanggaran HAM gimana? Kan diberi solusi," tegasnya.

Alih-alih akan memenjarakan para PKL, Jokowi justru meminta maaf kepada para PKL bila selama ini pihaknya dianggap keliru dalam mengambil keputusan.

"Ya, saya yang minta maaf ke PKL. Saya minta maaf kepada siapapun, siapa tahu saya ada yang salah," ucap Jokowi. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini