Sukses

Jokowi: Ada yang Bekingi Preman 'Pemeras' PKL Tanah Abang

Jokowi mengaku telah mengantongi sejumlah nama yang membekingi preman "pemeras" tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi mengatakan hingga saat ini terus menyelidiki para preman yang selama ini diduga memungut uang bayaran kepada para Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jokowi mengaku telah mengantongi sejumlah nama yang membekingi para preman "pemeras" tersebut.

"Saat ini sedang kami usut. Tapi dipastikan dulu orangnya," ujar Jokowi di Balaikota, Jakarta, Selasa, (23/7/2013).

Dana dalam pungutan liar yang selama ini dilakukan para preman tersebut dinilai Jokowi jumlahnya cukup besar. Ia pun yakin di balik itu semua ada 'pemain' besar yang selama ini melindungi aksi tersebut.

"Dari preman-preman itu, saya lihat perputaran uang di situ angkanya besar sekali, pasti ada yang mem-back up," ucap Jokowi.

Siapa oknum yang mem-back up aksi para preman itu, Jokowi tak mau menyebutkannya. Ia hanya mengatakan akan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak yang berwajib bila ada oknum pemerintahan atau aparat keamanan yang terlibat.

"Tindakannya apa, itu urusan aparat. Kita sudah bicara dengan aparat. Kalau ada yang terlibat itu urusannya komandannya dong. Kita sudah bicara ke Pangdam, Pak Kapolda, sudah semuanya," tukas Jokowi. (Ali/Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.