Sukses

Jokowi: Jakarta Belum Pantas Jadi Kota Layak Anak

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengakui, Jakarta belum layak didaulat sebagai kota layak anak.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengakui, Jakarta belum layak didaulat sebagai kota layak anak. Karena itulah, pihaknya secara berproses membangun fasilitas-fasilitas umum yang ramah bagi para bocah.

"Semuanya belum pantas di Jakarta, tapi ini dalam proses menuju ke sana. Belum. Setiap hari kita lihat. Semuanya kita proses," ujar gubernur yang karib disapa Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Selasa, (23/7/2013).

Sebagai langkah awal, Jokowi akan menjadikan kawasan Jakarta Barat sebagai kawasan ramah anak. Di sana akan dibangun berbagai fasilitas penunjang bagi anak.

"Paling tidak dimulai dari Jakarta Barat. Semua yang sudah siap agar segera dimulai. Segera membentuk forum anak, ruang publik untuk anak, membentuk ruang cerdas untuk anak, membuat ruang kampung untuk anak," kata dia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Jokowi telah memberikan arahan kepada pemerintah kota Jakarta Barat untuk segera mewujudkan program-program tersebut.

"Mereka mempersiapkan dulu, kalau sudah siap nanti di-clear. Saya nggak mau maksa-maksa yang penting saya sudah berikan arahan," kata dia.

Ditanya berapa target untuk menjadikan Jakarta menjadi kota layak anak, Jokowi mengaku tak berani memasang target, pasalnya saat ini angka kejahatan terhadap anak masih tergolong cukup tinggi.

"Jangan berharap satu tahun, dua tahun, tiga tahun proses untuk itu. Kita lihat sekarang saja masih ada kekerasan-kekerasan pada anak," katanya. (Ein/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Anak