Sukses

Klaim Jadi Ketua Komisi III, Ruhut: Habis Lebaran Serah Terima

Politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengklaim telah menggeser rekan separtainya, I Gede Pasek Suardika sebagai Ketua Komisi III DPR.

Politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengklaim telah menggeser rekan separtainya, I Gede Pasek Suardika sebagai Ketua Komisi III DPR. Menurut Ruhut, surat pergantian Ketua Komisi III DPR telah telah ada di Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso.

"Sudah dong, kan Pak Priyo yang ngasih tahu," kata Ruhut ketika dihubungi di Jakarta, Senin (22/7/2013).  "Infonya dari pak Priyo," imbuh dia.

Menurut Ruhut, pergantian secara resmi akan dilakukan setelah Lebaran, karena saat ini sedang masa reses. "Harusnya serah terimanya sudah, tapi karena kepotong reses, akhirnya nanti habis lebaran (habis reses)," ujar dia.

Ruhut memastikan bahwa pergantian itu bukan sekadar omong kosong. Sebab surat pergantian telah ada di pimpinan DPR. "Ya serius, suratnya ada di Priyo," tegas Ruhut.

Komisi III DPR yang membidangi masalah hukum dan HAM, saat ini sedang diketuai I Gede Pasek Suardika. Ruang lingkup Komisi III meliputi hukum, HAM, dan keamanan.

Yang menjadi pasangan kerja Komisi III adalah sebagai berikut: Departemen Hukum dan Hak Azasi Manusia, Kejaksaan Agung, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Hukum Nasional, Komisi Nasional HAM (Komnas HAM), Setjen Mahkamah Agung, Setjen Mahkamah Konstitusi, Setjen MPR, Setjen DPD, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Yudisial, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, dan Badan Narkotika Nasional (BNN). (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.