Sukses

SMPN 3 Magelang Adakan Training Character Building

Karakter mutlak diperlukan guna menciptakan kehidupan yang lebih baik didalam masyarakat.

Citizen6, Magelang: Karakter mutlak diperlukan guna menciptakan kehidupan yang lebih baik didalam masyarakat. Untuk itu, pendidikan karakter menjadi sangat urgen guna membentuk pribadi yang taat aturan, yang tentu saja menjadikan hidup yang lebih berkualitas.

Berdasarkan Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter, disebutkan bahwa pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati.

Mengingat pentingnya pengembangan karakter yang baik, SMPN 3 Magelang turut memasukkan muatan Pendidikan Karakter dalam rangkaian Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB).

 Acara yang disajikan secara interaktif ini dilaksanakan Selasa, 16 Juli 2013 di Aula SMPN 3 Magelang. Dengan durasi 90 menit, pembicara Ary Gunawan yang merupakan koordinator Komunitas Pena Indonesia begitu memikat para peserta MOPDB. Acara berlangsung pukul 09.15 sampai 10.45 dengan topik utama character building yang tentu saja disesuaikan dengan audiens yang merupakan siswa baru SMPN 3 Magelang.

“Acara tadi nyenengin, banyak games makin seru,” ungkap Laeli salah satu siswa baru. Guru SMPN 3 Magelang, Suyamto juga mengaku turut senang karena rangkaian acara MOPDB kali ini bisa diisi acara dari non guru (pembicara dari luar-red). “Semacam angin segar, harapannya anak-anak jadi tidak suntuk mengikuti rangkaian acara MOPDB”.

  Acara yang diselenggarakan oleh KKN-PPL UNY 2013 ini memang mengusung tema kearifan lokal. “Karena senada dengan muatan pendidikan karakter yang juga diusung MOPDB SMPN 3 Magelang 2013, panitia akhirnya memasukkan acara ini kedalam rangkaian MOPDB.

Meski banyak kendala sebelum pelaksanaan, secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar. Senang bisa melihat anak-anak menikmati acara ini,” ungkap ketua panitia, Laeli Nur. Besar ekspektasi bahwa pendidikan karakter akan membawa perubahan signifikan bagi bangsa Indonesia, karena membangun pribadi melalui pendidikan sama halnya dengan membangun peradaban. Membangun semuanya, tentu harus dimulai dari tiap individunya. Dari sini, harapan berubahnya Indonesia menjadi lebih baik lagi dimulai. (Siti Sulastri/kw)

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.