Sukses

KPK Temukan Potensi Korupsi Proyek Perbaikan Jalur Pantura

Temuan potensi korupsi proyek perbaikan jalan Pantura itu kini masih dalam kajian KPK.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengungkapkan, lembaganya telah menemukan dugaan potensi penyelewengan anggaran atau korupsi terkait pembangunan dan perbaikan jalur mudik Pantai Utara (Pantura). Dugaan itu kini masih dalam kajian KPK.

"Yes, diduga ada potensi korupsi. Tapi KPK masih dalam melakukan kajian-kajian," kata Bambang Widjojanto di kantornya, Jumat (19/7/2013).

Bambang menjelaskan, jika dalam kajian tersebut lembaganya menemukan informasi yang akurat mengenai proyek yang dilakukan setiap tahun menjelang musim mudik itu, maka data tersebut akan langsung dinaikkan ke tahap berikutnya.

"Kalau memang ada yang akurat mengenai ini, kita dorong kasus ini untuk kajian lebih lanjut di Dumas (pengaduan masyarakat)," ujar Bambang.

Saat ini, pemerintah menargetkan perbaikan jalan di sepanjang jalur Pantura rampung paling lambat 10 hari menjelang lebaran. Saat ini, perbaikan jalan terus dilakukan pemerintah untuk mengejar target sebelum arus mudik tiba.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto juga mengungkapkan bahwa perawatan dan peremajaan jalan memang selalu dilakukan setiap tahunnya. Namun, Djoko membantah jika pelaksanaan itu dipicu oleh persiapan Hari Raya Lebaran. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.