Sukses

Jokowi Sidak ke Kelurahan Pondok Bambu, KTP Warga Jadi 1 Jam

Jokowi menerima langsung aduan salah satu masyarakat yang kesulitan mengurus KK karena harus menunggu hingga 10 hari.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melakukan inspeksi mendadak ke Kantor Lurah Pondok Bambu, Kecamatan Duren sawit, Jakarta Timur. Politisi PDIP yang akrab disapa Jokowi ini kemudian meninjau proses pelayanan umum di ruang pelayanan masyarakat tersebut, seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Jokowi pun menerima langsung aduan salah satu masyarakat yang kesulitan mengurus KK karena harus menunggu hingga 10 hari.

"Saya mau cek semuanya. Perizinan di walikota, pelayanan-pelayanan kecamatan, KTP, KK, yang kecil-kecil. Tadi saya cek, oke KTP 1 hari. Tapi saya minta 1 jam bisa. Tadi saya tanya warga ada 1 bulan atau 1 minggu. Saya mintanya 2-3 hari bisa selesai," ujar Jokowi di Kantor Lurah Pondok Bambu, Kamis (18/7/2013).

Pihak kelurahan beralasan keterlambatan pelayanan dan penyelesaian baik KTP maupun KK, diakibatkan banyaknya permintaan sehingga proses memasukkan data membutuhkan waktu. Mantan walikota Surakarta itu menganggap alasan input data bukanlah kendala yang besar dan ia meminta agar penginputan bisa dilakukan secara cepat.

"Kalau bisa mempercepat 1 bulan jadi 3 hari atau bahkan jadi 1 hari, step by step lah diperbaiki," kata Jokowi.

Usai melakukan sidak, Jokowi pun memberikan pengarahan kepada para petugas pelayanan serta Lurah Pondok Bambu, Budhy Novian untuk lebih meningkatkan pelayanan dan hubungan baik dengan masyarakat. "Harus dipastikan masyarakat terlayani," imbau Jokowi. (Ary/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • KTP merupakan singkatan dari Kartu Tanda Penduduk.

    ktp