Sukses

Sampah Numpuk di Cilincing, 80 Truk Sampah DKI Bakal Diremajakan

Jumlah armada yang tak memadai dinilai Ahok sebagai salah satu penyebab tertumpuknya ribuan kubik sampah di kawasan Kali Cakung.

Kurangnya jumlah truk pengangkut sampah dikeluhkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Jumlah armada yang tak memadai ini dinilai sebagai salah satu penyebab tertumpuknya ribuan kubik sampah di kawasan Kali Cakung, Cilincing, Jakarta Utara. Untuk itu, sebanyak 80 truk sampah di Ibukota akan diremajakan.

"80-an tapi nanti bertahap," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin di Balaikota, Jakarta, Rabu (17/7/2013).

"Ini bukan penambahan, tetapi peremajaan. Jadi peremajaan itu pengadaan baru, yang tua dikandangin, ya dilelang," imbuhnya.

Peremajaan ini, lanjut Unu, akan diproses oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Untuk meremajakan 80 kendaraan itu, Pemprov DKI menyediakan dana sekitar Rp 40 miliar.

Unu mengungkapkan setidaknya masih ada 731 kendaraan tak layak. 506 Di antaranya telah berusia lanjut, antara 10-35 tahun. Kendaraan yang telah lanjut usia itu nantinya akan dilelang secara bertahap. (Ndy/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.