Sukses

Ahok Minta Bantuan Bank Dunia Atasi PKL

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan meminta berbagai kajian Bank Dunia (World Bank) tentang PKL.

Permasalahan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jakarta belum juga menemukan titik temu antara para pedagang dengan Pemprov DKI.

Untuk itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan meminta berbagai kajian Bank Dunia tentang permasalahan di Jakarta dan salah satunya mengenai penataan PKL tersebut.

"Dia kan punya data seluruh Bank Dunia. Kita mau tahu pedagang kaki lima di Bangkok, Kuala Lumpur, Hongkong, Singapura. Gimana sih mengatasinya? Mereka punya pengalaman itu. Kita mau tahu," ujar Ahok di Balaikota Jakarta usai melakukan kunjungan ke kantor World Bank, Rabu (17/7/2013).

Hal itu dilakukan guna menekan banyaknya studi banding yang dilakukan pejabat pemerintahan ke luar negeri hanya untuk mempelajari program pemerintah. Bank Dunia, menurutnya, memiliki banyak data kajian di seluruh dunia sebagai perbandingan sehingga diharapkan dapat membantu penyelesaian masalah-masalah di Jakarta.

"Kami minta kasih data ke kami, supaya kami nggak usah studi banding ke luar negeri. Ngapain? Mereka menunjukkan data-data, termasuk kajian mereka," kata mantan anggota Komisi II DPR RI itu.

Selain itu, pembahasan dengan Bank Dunia juga terkait bantuan-bantuan kepada Jakarta dalam hal pendidikan, kesehatan, kemiskinan, juga tentang pengolahan air limbah di sungai-sungai yang kotor. Sebab, Bank Dunia pernah membantu China dalam hal tersebut. "Supaya kita tahu," ucap Ahok. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.