Sukses

Sampah Tertumpuk di Cilincing, Ahok: Kami Kekurangan Truk Sampah

Akibat penumpukan sampah, kali di Cilincing tersebut mengeluarkan bau yang tak sedap.

Ratusan kubik sampah menumpuk di kawasan Kali Cakung di Jalan Baru Raya, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara. Sampah-sampah itu sebagian besar terdiri dari plastik, styrofoam, kayu dan daun.

Akibatnya, kali tersebut mengeluarkan bau yang tak sedap sehingga dapat menjadi wabah penyakit saluran pernapasan bagi warga yang tinggal di sekitar lokasi itu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengakui Dinas Kebersihan masih kekurangan truk pengangkut sampah. Hal itu berimbas pada terlambatnya pengangkutan dan menumpuknya sampah hingga menggunung.

"Kita memang kekurangan mobil," ujar Ahok di Balaikota, Rabu (17/7/2013).

Untuk pengadaan truk angkutan sampah itu, Pemrov DKI menginginkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menggunakan e-catalog. Dengan e-catalog biaya barang lebih jelas, sehingga anggaran juga lebih dapat ditekan. Karena jika dilakukan tender atau lelang, maka akan membutuhkan waktu yang lama, biaya besar dan sampah semakin menumpuk.

"Pengadaan truk sampah itu juga masalah. Makanya kita minta LKPP gunakan e-catalog. Kalau nggak ada e-catalog, mesti tender, lama," kata mantan bupati Belitung Timur itu. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.