Sukses

125 Napi LP Tanjung Gusta Masih Berkeliaran

Dari 218 napi yang melarikan diri saat kerusuhan Kamis 11 Juli lalu, sudah 93 orang ditangkap dan menyerahkan diri.

Sebanyak 125 narapidana Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan, masih berkeliaran. Dari 218 napi yang melarikan diri saat kerusuhan Kamis 11 Juli lalu, sudah 93 orang ditangkap dan menyerahkan diri.

"Masih 125 napi yang ada diluar Lapas, karena telah melarikan diri," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F Sompie, Minggu (14/7/2013).

Polri mengimbau mereka yang masih kabur agar menyerahkan diri ke kantor polisi atau Rutan/Lapas terdekat. Untuk kemdudian diserahkan ke LP Tanjung Gusta Medan. Berikut data terkini hingga pukul 08.00 WIB pagi tadi, tentang jumlah napi yang kabur, ditangkap, dan menyerahkan diri.

Jumlah napi yang ditangkap 93 orang:
- Polresta Medan : 24 orang
- Polres Belawan : 41 orang
- Polres Langkat : 5 orang
- Polres Siantar : 1 orang
- Polres Aceh Timur: 2 orang

Napi yang menyerahkan diri:
- Lapas Anak Medan : 10 orang
- Rutan kelas I : 6 orang
- Lapas kelas I : 4 orang

"Tidak akan ada tindakan lain kecuali tindakan kemanusiaan, bila mereka menyerahkan diri dengan sukarela untuk kembali ke lapas," ujar Ronny.

Rencananya, kata Ronny, kegiatan hari ini masih melanjutkan validasi data napi yang masih di luar. "Kawan-kawan di Polda Sumut melakukan koordinasi dengan Kanwilkumham Prov Sumut," ujar Ronny. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.