Sukses

Amien Rais: Jokowi-Hatta Rajasa Pasangan Cocok

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa tengah digadang menjadi calon presiden 2014.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa tengah digadang menjadi calon presiden 2014. Namun, menurut Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) PAN Amien Rais, Hatta bukan satu-satunya sebagai bakal capres yang akan diusung partai yang didirikannya itu.

"Hatta memang salah satunya calon presiden dari PAN," kata Amien Rais di Balai Kartini, Jakarta, Senin (8/7/2013).

Menurutnya, karena politik itu sangatlah lentur maka jika PAN tidak mencapai target 2 digit atau di atas 10 persen dalam perolehan kursi di parlemen, maka partai berlambang matahari putih ini hanya akan menjadikan Hatta Rajasa sebagai calon wakil presiden (cawapres).

"Tapi tentu politik kan juga luwes. Ya, Jadi kalau memang PAN double digit atau 10 persen ke atas maka akan mantap. Tapi andaikata PAN belum sampai 10 persen, maka mungkin juga andaikata mengisi calon kepemimpinan sebagai wakil presiden," ungkapnya.

Mantan Ketua MPR ini mengakui, saat ini popularitas dari Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi sangat tinggi. Maka itu tidak menutup kemungkinan juga Hatta Rajasa menjadi cawapres dari Prabowo atau Jokowi dalam Pilpres 2014.

"Menurut saya kombinasi yang saat ini ada Pak Jokowi, Prabowo, ada yang lain-lain juga. Kita kadang-kadang membayangkan bagaimana kalau misalnya duet Prabowo-Hatta atau Jokowi-Hatta. Atau mungkin sebaliknya bisa saja. Kita open kita masih terbuka. Saya sekarang hanya pengamat, penasihat saja. Saya tidak menentukan," papar Amien. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini