Sukses

Korban Tewas Gempa Aceh Kini 35 Orang

Gempa bumi berkekuatan 6,2 SR mengguncang Aceh 2 Juni lalu.

Gempa bumi berkekuatan 6,2 SR mengguncang Aceh 2 Juni lalu. Hingga kini, jumlah korban jiwa terus bertambah menjadi 35 orang. Sebanyak 9 orang merupakan warga Kabupaten Bener Meriah, sedangkan 26 lainnya berasal dari Kabupaten Aceh Tengah.

Jumlah korban jiwa di Bener Meriah yang semula disebutkan sebanyak 12 orang dianulir menjadi 9 orang. 3 Orang dari 12 itu merupakan warga Aceh Tengah yang tengah berada di Bener Meriah. Sehingga ketiganya tercatat pada 2 kabupaten, baik di Bener Meriah dan Aceh Tengah.

"Dengan demikian korban meninggal dari Bener Meriah terdapat 9 orang yang sudah ada identitasnya," terang Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam pernyataan tertulisnya yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Jumat (5/7/2013).

Sutopo menuturkan, sebanyak 8 orang masih dinyatakan hilang, yang semuanya merupakan warga Aceh Tengah. Pada Kamis 4 Juli kemarin, tim SAR gabungan dan warga menemukan jenazah 4 anak-anak yang tertimbun longsor di Desa Bah, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah dengan menggunakan alat berat. Mereka adalah Isahdan (9), Zainuddin (12), Riski (9), dan Rian (9).

"Menurut keterangan warga, saat gempa ada 8 anak-anak yang berlari di bawah pegunungan, dimana 4 selamat dan 4 tertimbun longsor," tuturnya.

Sementara itu, lanjut dia, korban luka berjumlah 275 orang, yang 109 di antaranya berasal dari Bener Meriah. 43 Dari 109 orang itu kini berada di Puskesmas Pante Raya, Puskesmas Lampaha, dan RSUD Muyan Kute. Sementara korban luka di Aceh Tengah sebanyak 166 orang.

Sutopo menguraikan, 114 di antaranya harus di rawat inap, sedangkan 52 lainnya cukup dengan rawat jalan. Akibat gempa ini, sebanyak 4.292 rumah menderita kerusakan, sementara 83 bangunan fasilitas umum juga turut rusak. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini