Sukses

Gempa Susulan Masih Terjadi, Warga Aceh Diminta Waspada

Aceh kembali diguncang gempa 5,3 SR sekitar 22:36 WIB. Pusat gempa 26 kilometer Barat Daya Kabupaten Bener Meriah di kedalaman 10 km.

Gempa masih mengguncang Aceh, Selasa (2/7/2013). Pascagempa berkekuatan berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) dan 5,5 SR, Aceh kembali diguncang gempa susulan berkekuatan 5,3 SR sekitar 22:36 WIB.

Pantauan Liputan6.com dari situs Badan Meteorologi Kilimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (2/7/2013), pusat gempa terjadi di 26 kilometer Barat Daya Kabupaten Bener Meriah, dengan kedalaman 10 kilometer.

Melalui keterangan tertulisnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan gempa susulan pertama dan kedua terjadi di daratan. Namun, tidak menimbulkan tsunami. Mekanismenya sama dengan gempa sebelumnya yaitu sesar geser menganan.

"Bagian Timur dari sumber gempa bergerak ke tenggara dan bagian baratnya bergerak ke barat laut. Sumber gempa berasal dari sesar aktif di daratan pada segmen Aceh dari sesar Sumatera," jelas Sutopo.

Ia menambahkan adanya gempa susulan tersebut sangat dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Bener Meriah dan Aceh Tengah. Masyarakat takut masuk ke dalam rumah dan memilih berada di luar rumah. Masyarakat yang rumahnya roboh menempati beberapa titik pengungsian.

"Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan waspada," imbuh Sutopo.

Sementara itu, jumlah korban akibat gempa bertambah. 5 Warga meninggal dunia, 2 orang dinyatakan hilang akibat gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) sekitar pukul 14.37 WIB, tadi siang. Selain korban tewas, 70 orang terluka dan puluhan rumah mengalami rusak berat. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini