Sukses

Upacara Kenegaraan Sambut Presiden Vietnam di Istana Merdeka

Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono menerima Presiden Vietnam Truong Tan Sang dan Ibu Negara Mai Tinh Hanh di Istana Merdeka, Jakarta.

Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono menerima Presiden Vietnam Truong Tan Sang dan Ibu Negara Mai Tinh Hanh di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/6/2013). Presiden Tan Sang dan delegasi tiba sekitar pukul 16.00 WIB dan langsung disambut Presiden SBY di tangga Istana untuk kemudian menuju podium kehormatan guna mengikuti upacara kenegaraan.

Upacara diawali dengan mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara yang diiringi dengan dentuman meriam sebanyak 21 kali. Presiden Tan Sang kemudian memeriksa barisan pasukan kehormatan.

Usai upacara, Presiden SBY memperkenalkan jajaran menteri kabinet yang mendampingi. Rangkaian acara kemudian dilanjutkan di dalam Istana Merdeka.

Dalam kesempatan tersebut, tampak sejumlah menteri ikut mendampingi Presiden SBY, di antaranya Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pendidikan M Nuh, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Kedua negara telah menyepakati kemitraan komprehensif sejak 2003 lalu. Kemitraan ini telah membantu kedua negara memfokuskan upaya-upaya peningkatan kerja sama dalam berbagai bidang. Di bidang ekonomi misalnya, Indonesia dan Vietnan menargetkan volume perdagangan mencapai 5 miliar dolar AS sebelum tahun 2015.

Harapan ini sejalan dengan kecenderungan peningkatan perdagangan bilateral, yaitu sebesar US$ 4,8 miliar pada 2012, sedangkan tahun sebelumnya US$ 4,7 miliar.

Pada kesempatan kunjungan kenegaraan ini, kedua kepala negara juga akan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama pertanian serta perjanjian di bidang ekstradisi dan mutual legal assistance. Kedua MoU ini akan memperkuat komitmen Indonesia dan Vietnam untuk saling membantu penanganan kasus-kasus yang mengait pada kedua negara.

Sebelumnya, pada 27 Mei 2003, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Inspektorat Pemerintah Vietnam telah menandatangani MoU kerja sama pemberantasan korupsi.

Presiden Tan Sang akan berada di Indonesia hingga Jumat 28 Juni 2013. Besok, Tan Sang yang baru kali pertama berkunjung ke Indonesia ini rencananya akan meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. (Ado/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.