Sukses

Belasan Penyidik KPK Geledah PT Makara UI

Penggeledahan berlangsung tertutup. Wartawan dilarang mendekat lokasi penggeledahan.

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi tak hanya menyasar Gedung Rektorat Universitas Indonesia. Mereka juga menggeledah kantor PT Makara Mas (PT MM) yang terletak di gedung Direktorat Kemitraan dan Inkubator Bisnis (DKIB).

Sebanyak 13 penyidik KPK tampak berada di ruangan yang terletak di lantai dasar gedung yang berada di depan Rektorat UI, Depok, Jawa Barat, Kamis (27/6/2013). Penyidik tengah memeriksa berkas-berkas di kantor PT MM tersebut.

Dari 13 penyidik, 4 penyidik mengunakan rompi bertuliskan KPK tengah memeriksa data-data dari komputer. Saat berita diturunkan penyidik KPK tengah santap siang.

Wartawan yang meliput hanya bisa memantau dari celah-celah jendela. Tim penyidik enggan diliput jalannya pemeriksaan. "Maaf, Mas, kami hanya menjalankan tugas saja," kata satpam kampus UI tersebut sembari menjaga pintu masuk ruangan PT MM tersebut.

Pemeriksaan oleh tim KPK itu dilakukan, terkait adanya kasus korupsi yang menjerat Tafsir Nurchamid Wakil Rektor Bidang SDM Keuangan dan Administrasi Umum UI. Tafsir ditetapkan sebagai tersangka proyek pembangunan instalasi di Perpustakaan Pusat UI tahun anggaran 2010/2011. Proyek tersebut ditaksir bernilai sekitar Rp 21 miliar. (Ary/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini