Sukses

Dikira Kucing, Bayi Dalam Plastik Ditemukan di Pipa Pembuangan

Insiden penemuan bayi di pipa saluran pembuangan kembali berulang. Kali ini terjadi di Spanyol.

Insiden penemuan bayi di pipa saluran pembuangan kembali berulang. Kali ini terjadi di Spanyol. Beruntung si bayi bisa bertahan selama hampir 2 hari hingga tim penyelamat mengevakuasinya.

Dilansir dari The Sun, Senin (24/6/2013), tim penyelamat menemukan bayi itu setelah mendapati laporan dari warga di Alicante, Spanyol karena mendengar teriakan yang mereka pikir seekor kucing terjebak di pipa saluran pembuangan di sebuah apartemen.

Saat diperiksa, ternyata ada seonggok kaki kecil bergerak-gerak. Setelah ditelusuri, ternyata kaki itu milik bayi malang yang terbungkus dalam kantong plastik berlubang yang sengaja dilubangi untuk bernapas.

Bayi malang itu pun dievakuasi pada Senin dini hari sekitar pukul 02.00 waktu setempat oleh petugas dengan hati-hati. Ternyata Bayi seberat 1,9 kg dengan tali pusar masih menempel itu benar-benar tersangkut di pipa pembuangan sebesar 121 cm.

Meski lengan bayi itu patah dan mengalami cedera yang serius, namun kondisi tersebut tak mengancam nyawanya. Saat ini bayi mungil itu telah dirawat di unit perawatan intensif rumah sakit setempat.

Buru Sang Ibu

Setelah menemukan dan mengevakuasi bayi malang itu dari pipa saluran pembuangan, tim penyelamat kemudian mulai berburu ibu yang tega membuang buah hatinya.

Saat ditangkap, ibu muda berusia 26 tahun mengaku dirinya ke rumah sakit pada hari Jumat 21 Juni dan mengalami keguguran.

Ia juga mengaku kepada polisi dirinya tidak punya uang untuk membayar aborsi itu. Namun tak menjelaskan bagaimana bayinya bisa berada di pipa pembuangan.

Kasus tersebut serupa dengan kasus Baby 59 atau bayi pipa toilet, bayi yang diselamatkan dari pipa pembuangan Mei lalu di Zhijiang, China.

Menurut pengakuan ibu Baby 59 yang juga masih muda, 22 tahun, bayi itu tak sengaja terpeleset saat dirinya sedang berada di toilet. Pihak berwenang menerima alasannya dan ia pun terbebas dari hukuman. Namun aksinya dikecam oleh banyak pengguna jejaring sosial di China.

Baby 59 pun banjir adopsi, banyak orang mengunjungi rumah sakit tempatnya dirawat untuk membawanya pulang. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.