Sukses

[VIDEO] Ngeri... Patung Mesir Berputar Sendiri di Museum

Kesan spooky atau angker dan seram memang melekat pada bangunan yang menyimpan benda-benda bersejarah atau lebih dikenal dengan museum.

Kesan spooky atau angker dan seram memang melekat pada bangunan yang menyimpan benda-benda bersejarah atau lebih dikenal dengan sebutan museum. Meski tak banyak orang percaya dengan hal-hal semacam itu, namun kesan itu dibuktikan oleh bos museum di Museum Manchester, Inggris. Ia melihat patung Mesir kuno yang ada di museumnya berputar sendiri setiap malam.

"Aku melihat suatu hari patung itu telah berbalik. Saya pikir itu aneh, karena hanya saya satu-satunya yang memiliki kunci," ujar kurator Manchester Museum Campbell Price kepada Manchester Evening News seperti dilansir dari News.com.au, Senin (24/6/2013).

Selama beberapa bulan terakhir, sambung Campbell, ia sering melihat patung itu berada pada arah yang berbeda. Meskipun tidak ada orang lain yang memiliki akses masuk menuju etalase tempat patung itu dipajang.

Akhirnya Campbell pun mengecek rekaman video CCTV di museum tersebut. Apa yang mereka temukan benar-benar aneh. Patung itu berputar 180 derajat tanpa ada yang mendekatinya.

"Aku meletakkan kembali ke posisi semula, tapi di kemudian hari patung itu pindah lagi. Kami lalu membuat sambungan dari potongan-potongan video karena tak bisa melihatnya langsung, Anda dapat melihat dengan jelas patung itu berputar. Patung yang dikubur bersama dengan mumi.

"Di Mesir Kuno, mereka percaya bahwa jika mumi hancur maka patung tersebut bertindak sebagai wadah alternatif bagi roh. Mungkin itulah yang menyebabkan gerakan pada patung," urai Campbell.

Sementara menurut ahli lainnya, patung dapat bergerak karena ulah pengunjung. Tapi mengapa hanya patung tersebut yang bergerak? Apakah ini semacam kutukan, jejak atau tipuan museum? Belum ada yang dapat memberikan penjelasan pasti terkait pergerakan patung tersebut selain bukti yang dikemukakan Campbell.

Patung setinggi 25 cm itu peninggalan dari seorang pria bernama NEB-Senu, dari masa prasejarah 1800 sebelum masehi. Patung tersebut telah berada di Museum Manchester selama 80 tahun. Kabarnya patung dari Mesir itu ditemukan di sebuah makam mumi, yang juga ditemukan bersama berisi prasasti bertuliskan permintaan "roti, bir dan daging sapi." (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.