Sukses

Kartun Jakarta, Kado untuk Jokowi-Ahok dari Kartunis

Sejumlah kartunis memotret kondisi Kota Jakarta di sebuah spanduk sepanjang 5 meter. Spanduk itu rencananya akan diserahkan ke Gubernur Jokowi.

Sejumlah kartunis menuangkan kreasinya dalam kegiatan hari bebas kendaraan (car free day) di Jalan Sudirman dan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Mereka membuat kartun berupa keseharian yang terjadi di Ibu Kota, namun dengan bentuk kartun yang mencuri perhatian karena mengandung kritik sosial.

Mereka yang tergabung dalam Pakarti (Persatuan Kartunis Indonesia) ini menorehkan kreasinya dalam spanduk putih sepanjang 5 meter yang berisi potret Kota Jakarta setelah kepemimpinan pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.

"Ini sambut ultah Jakarta. Pesannya masalah-masalah di Jakarta seperti kemacetan yang masih jadi problem. Kita visualkan dengan jenaka," kata Sekjen Pakarti, Joko Luwarso, di Jakarta, Minggu (26/3/2013).

Joko menyatakan, ini juga bentuk apresiasi mereka terhadap terobosan yang dibuat Jokowi-Ahok, seperti digelarnya Malam Muda-Mudi, Sabtu 22 Juni 2013 malam.

"Itu (Malam Muda Mudi) sudah bagus, heboh. Tetapi kami juga kritisi seperti bangku taman dipakai tunawisma, digambarkan seperti tempat tidur mewah buat mereka. Juga macet yang digambarkan ada orang jalan di atas mobil, pejalan kaki susah bergerak," ujar Joko.

Sebanyak 30 kartunis ini berencana membawa spanduk tersebut sampai ke Balai Kota Jakarta. "Untuk diserahkan ke Jokowi," tukas Joko. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.