Sukses

Nelson Mandela Sudah Tak Ada Respons Berhari-hari

Sudah berhari-hari Nelson Mandela tak lagi responsif. Kondisi kesehatan mantan Presiden Afrika Selatan berusia 94 tahun ini terus memburuk.

Sudah berhari-hari Nelson Mandela tidak lagi responsif. Kondisi kesehatan mantan Presiden Afrika Selatan berusia 94 tahun ini terus memburuk.

Menurut sumber Daily Mail, Sabtu (22/6/2013), pihak keluarga sedang mendikusikan kemungkinan untuk menyudahi perawatan medis terhadap Mandela. Apalagi fungsi ginjal dan hati Mandela telah menurun hingga 50 persen. Dia juga sudah berhari-hari tidak membuka matanya.

Terhitung sudah 2 pekan Mandela dirawat di rumah sakit di Pretoria sejak 8 Juni lalu. Kondisinya serius. Dia berjuang melawan infeksi paru-paru.

Meski demikian Mandela berkali-kali dikabarkan membaik. Pada Kamis 20 Juni lalu, cucu Mandela bernama Ndaba Mandela berharap kakeknya segera pulang ke rumah. Apalagi sang kakek akan berulang tahun pada 18 Juli mendatang.

"Secara positif kami bisa katakan dia terus membaik dari hari ke hari dan diharapkan dia akan segera pulang ke rumah," kata Ndaba kepada surat kabar Afrika Selatan, The Star.

"Buat kami, sebagai keluarga, selama dia masih bisa mendengar dan mengerti apa dikatakan kepadanya, dan berbicara kepada kami, kami akan tetap merayakan ulang tahunnya nanti," ucap Ndaba.

Mandela terhitung sudah ketigakalinya dirawat di rumah sakit pada tahun ini. Saat dibawa ke rumah sakit pada 8 Juni lalu, ambulans yang membawa Mandela rusak dan harus diperbaiki selama 40 menit.

Saat ambulans kedua datang menjemput Mandela, temperatur cuaca rendah karena musim dingin. Kardiolog menilai situasi itu sangat berpengaruh pada kondisi Mandela.

Mandela merupakan tokoh anti-apartheid yang menjadi presiden berkulit hitam pertama di Afrika Selatan pada 1994. Mantan Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki yang menggantikan Mandela pada 1999 mengaku tetap memantau perkembangan kondisi Mandela.

"Kondisi kesehatan Nelson Mandela membaik. Saya pikir kita bisa merasa tenang karena dia masih ada bersama-sama dengan kita," kata Mbeki kepada stasiun radio Afrika Selatan, Power FM.

President Afrika Selatan Jacob Zuma menyatakan kesehatan Mandela terus membaik, namun kondisinya tetap serius. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini