Sukses

Baru 2 Pekan Menjabat, PM Palestina Mundur

PM Rami Hamdallah telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Mahmoud Abbas.

Baru menjabat 2 pekan sebagai Perdana Menteri Palestina, Rami Hamdallah mengundurkan diri. Rami telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Mahmoud Abbas. Tapi belum diketahui apakah pengunduran dirinya disetujui.

Selain itu, belum diketahui juga secara pasti penyebab mengapa profesor linguistik itu memutuskan berhenti. Namun, sejumlah spekulasi muncul. Salah satunya, seperti dimuat BBC, Jumat (21/6/2013), Rami mengundurkan diri karena adanya konflik dalam pembagian mandat dengan petinggi lain.

Rami adalah seorang akademisi lulusan Inggris. Ia dilantik pada 6 Juni lalu, bersama 2 wakil perdana menteri, Ziad Abu Amr dan Mohammed Mustafa.

Kabinet pimpinan Rami baru menggelar rapat pertama kali pada pekan lalu. Sebagian besar anggota kabinet terdiri dari anggota Partai Fatah pimpinan Presiden Mahmoud Abbas.

Setelah diambil sumpahnya, Rami berjanji pemerintahannya hanya akan berkuasa selama 'masa transisi' sampai dibentuk pemerintahan persatuan yang terdiri dari faksi Fatah di Tepi Barat dan gerakan Hamas yang menguasai di Jalur Gaza.

Sebelumnya Hamas menyebut pengangkatan Rami tidak sah karena ditunjuk tanpa konsultasi terlebih dulu dengan mereka.

Hamas dan Fatah sebelumnya telah menandatangani kesepakatan rekonsiliasi untuk mengakhiri perpecahan mereka pada April 2011. Namun pembicaraan untuk membentuk pemerintahan bersama terhenti hingga bulan Mei lalu. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.