Sukses

[VIDEO] Kebakaran Lahan di Riau Makin Meluas

Selain di Kabupaten Pelalawan, kebakaran lahan gambut juga masih berlangsung di Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kampar.

Pembakaran lahan gambut di Kabupaten Pelalawan, Riau, kian mencemaskan. Di beberapa lokasi, seperti di Pangkalan Kerinci, api merambat bahkan sudah mendekati kompleks permukiman. Selain di Kabupaten Pelalawan, kebakaran lahan gambut juga masih berlangsung di Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kampar.

Liputan 6 SCTV, Kamis (20/6/2013) memberitakan, kobaran api yang melahap lahan gambut benar-benar sudah dalam kondisi tak terkendali. Di Pangkalan Kerinci, Kabupayen Pelalawan, api yang sebelumnya merambat di lahan konsesi kini sudah mendekati perkampungan penduduk.

Warga yang panik mencoba mengambat rambatan api agar tidak sampai membakar bangunan. Upaya pemadaman yang dilakukan dengan peralatan sederhana itu tidak membuahkan hasil maksimal. Untunglah mobil pemadam kebakaran segera datang.

Dengan dibantu personel Satpol PP, rambatan api akhirnya berhasil dihambat. Warga menyatakan tidak mengetahui pihak yang menyulut api. Namun diduga kuat sumber kebakaran berasal dari lahan konsesi yang terbakar sejak beberapa hari belakangan.

Selain di Pelalawan, ribuan hektar lahan juga tengah berkobar di Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis dan Kampar. Musim kemarau panjang dimanfaatkan pemilik lahan perkebunan untuk melalukan land clearing sebelum memasuki masa tanam kelapa sawit. Api yang disulut tanpa sekat bakar itu kemudian merambat tak terkendali dan memicu bencana kabut asap

Kepala Dinas Kehutanan Riau Zulkifli yang dihubungi Kamis siang mengaku masih berada di Rokan Hilir dalam upaya pemadaman api di wilayah tersebut. Sejauh ini tidak jelas upaya terpadu yang sudah dilakukan Pemerintah Provinsi Riau dalam upaya menghentikan bencana kabut asap yang sudah menuai protes dari Pemerintah Singapura. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini