Sukses

340 Bangku Taman di Sudirman, Ahok: Enak Kayak Punya Halaman Luas

Sebanyak 340 bangku taman akan disediakan Pemprov DKI di trotoar dan taman di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Sebanyak 340 bangku taman akan disediakan Pemprov DKI Jakarta di trotoar dan taman di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, Jakarta. Di halaman samping Balaikota Jakarta pun terlihat deretan bangku taman yang dipersiapkan oleh beberapa petugas.

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menyempatkan diri mencoba duduk di bangku tersebut. Pria yang biasa disapa Ahok ini pun kemudian bertanya kepada petugas bahan kayu, apa yang digunakan untuk bangku taman itu.

"Ini kayu Jati ya? Aku cuma coba duduk. Bagus. Enak. Kuat," puji Ahok di Balaikota, Jakarta, Selasa (18/6/2013).

"Bisa bayangin nggak sih, kalau kita tidak punya halaman rumah yang luas. Tiba-tiba seminggu sekali bisa nikmati duduk kayak punya halaman, kan bagus. Nah, pikiran itu kayak gitu. Nikmat kan? Duduk lihatin taman, ada mobil lewat. Kalau ada kursi kan, enak duduk," tuturnya.

Untuk pengawasan guna menghindari adanya oknum yang mengotori bangku taman, Ahok menyerahkannya kepada Dinas Sosial DKI Jakarta. Apabila pemprov mendapati warga yang melakukan corat-coret, akan dikenai sanksi membersihkan sendiri bangku tersebut.

"Prinsip Pak Gubernur, coret. Tutup lagi. Coret, tutup lagi. Kita khawatir tunawisma tidur. Ya makanya justru bagus. Kalau orang tidur di situ, berarti Dinas Sosial kita harus kerja," katanya seraya terkekeh.

Dia mengatakan, penyediaan bangku taman di Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin dipilih karena taman di kawasan tersebut dinilai cukup baik. Sedangkan untuk daerah lain, juga akan disediakan bangku, tetapi menunggu taman-tamannya selesai dibenahi.

"Ya nanti dong. Maksud Pak Gub, yang sudah bagus dulu. Kan nanti mau Car Free Night. Ada Car Free Day. Jadi orang jalan kan bisa duduk. Enak," jelas Ahok.

Bangku taman yang akan ditempatkan di Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin terbuat dari kayu Jati yang cukup kuat, dengan kaki besi di kiri kanannya. Bangku sepanjang sekitar 1,5 meter itu tidak hanya diletakkan begitu saja, tapi akan dipasang secara permanen. Sehingga dianggap cukup aman.

Selain itu, anggaran bangku taman tersebut seluruhnya ditanggung oleh Corporate Social Responsibility (CSR). Saat ini, puluhan bangku taman telah diangkut dari Balaikota untuk diletakkan di Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin. (Frd/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini