Sukses

`Derita`Miliuner Saat Lift Apartemen Mewah Tertinggi Dunia Mati

Delapan lift apartemen Princess Tower di Distrik Marina mati. Penghuni yang nekat naik, silakan memanjat tangga.

Siapapun yang memiliki atau bisa menyewa unit di  Princess Tower di Distrik Marina, Dubai, pastinya orang berduit. Hanya miliuner dunia yang sanggup membeli flat di gedung setinggi 413 meter, yang dinobatkan sebagai bangunan pemukiman tertinggi di dunia versi Guinness World Records.

Namun, para penghuninya kini sedang menghadapi masalah besar: semua lift, yang jumlahnya ada 8, mati minggu lalu. Mereka harus memanjat tangga puluhan lantai jika nekat menuju ke unit mereka. Terutama mereka yang tinggal di griya tawang (penthouse) nan mewah.

Gara-garanya terjadi kebocoran air, pengelola Princess Tower akhirnya memutuskan untuk mematikan 8 liftnya. Ini memaksa penghuninya memanjat tangga yang tingginya setara sepertiga Ben Nevis -- gunung tertinggi di Inggris yang menjulang setinggi 4.408 kaki atau 1.343 meter.

Perbaikan darurat masih terus dilakukan setelah masalah dijumpai minggu lalu. Namun, masalah belum juga tuntas diselesaikan.

Baru kemarin para pemilik flat diberi tahu, satu lift bisa digunakan naik. Tapi tak sampai pucuk, maksimal mengantar para penghuni di lantai 50. Siapapun yang tinggal di atas lantai 50 harus siap-siap memanjat tangga.

Bos apartemen, yang dimiliki Tameer Sstates itu menjelaskan, air yang bocor berasal dari "sistem proteksi kebakaran". Menuding selang yang rusak sebagai penyebab. Air dari selang itu masuk ke poros lift, membanjiri, dan memaksanya dihentikan.

Salah satu yang menderita adalah penghuni yang tinggal di lantai 78. "Bayangkan, aku pulang kerja, capek dan penat, lalu diberitahu harus memanjat hingga lantai 78 ke tempat tinggalku," kata dia, seperti dimuat Daily Mail, Senin (17 Juni 2013).

Pria 47 tahun asal Inggris yang tak disebut namanya itu tentu saja awalnya tak percaya, mengira ada yang salah dengan pendengarannya. "Tak ada jalan lain, tak mungkin aku memanjat setinggi itu. Jadi, aku menyewa kamar hotel," kata dia. Repotnya bukan main.

Namun, tarif sewa hotel, tidaklah murah. Apalagi di Dubai. "Aku ingin mereka cepat memperbaikinya, aku tak mampu menyewa hotel tiap malam."

Padahal mewah...

Padahal, bangunan yang memiliki enam lantai bawah tanah, dan 101 di atas tanah, dibuka September tahun lalu. Flat dua kamar disewakan 140 poundsterling atau Rp 2,2 juta per hari. Sementara flat penthouse dijual seharga 2 juta poundsterling atau Rp 31 miliar.

Meski jadi apartemen tertinggi, Princess Tower masih jauh dibanding Burj Khalifa, 828 meter-- yang tak termasuk bangunan tempat tinggal.

Ada 763 unit apartemen mewah di Princess Tower, juga 8 toko besar. Menghadap ke Palm Jumeirah, pulau buatan berbentuk peta dunia, yang beberapa di antaranya dimiliki para pesohor dunia, termasuk David Beckham dan Brad Pitt. (Ein/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini