Sukses

Siswa SD Negeri Marunda Dapat Penyuluhan Kesehatan

Diskes Kolinlamil mengadakan penyuluhan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri Marunda 02 Cilincing.

Citizen6, Jakarta: Dinas Kesehatan (Diskes) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan penyuluhan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri Marunda 02 Cilincing, Jakarta Utara.  Kegiatan ceramah kesehatan tersebut disampaikan kepada 350 siswa dari kelas 3 sampai kelas 6 yang didampingi 8 guru di SD Negeri Marunda 02 Pagi Cilincing dan dihadiri Kepala Sekolah mereka, Syarifudin.

"Ceramah kesehatan yang dilaksanakan ini merupakan bakti kesehatan 2013 yang dilaksanakan Kolinlamil dalam rangkaian memperigati Hut ke-52 Kolinlamil," ungkap Kadiskes Kolinlamil Letkol Laut (K) drg Zainal Efendi, pada Senin (17/6/2013).

Pada sesi pertama, penyuluhan kesehatan dengan topik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui Kesehatan Gigi dan Cara Perawatan Gigi, disampaikan oleh Kapten Laut (K) drg Djarot. Ia dibantu Sertu (Rkg) Syaiful Bahri, yang mengajarkan kepada para siswa kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi dan bagaimana cara menggosok gigi yang benar serta cara memilih sikat gigi yang baik.

Sedangkan pada sesi kedua disampaikan penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat oleh Mayor Laut (K/W) Jamilah dan Kopda Rum Muslimin Al Ayubi. Pada sesi ini mereka menyampaikan materi tentang cara mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar. Untuk melakukannya dibutuhkan beberapa peralatan di antaranya, sabun/antiseptic, air bersih, dan lap kering yang bersih.

Tim penyuluh kesehatan juga menyampaikan bahwa dengan melakukan pencucian tangan yang bersih dan teratur dapat menjauhkan kita dari virus, bakteri dan kuman sebagai penyebab penyakit yang umumnya menyerang sistem pencernaan tubuh manusia seperti diare.

Di akhir kegiatan penyuluhan tersebut, diserahkan 350 paket bingkisan berupa peralatan dan bahan yang dibutuhkan oleh para siswa untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, 25 paket alat pembersihan untuk guru dan penjaga sekolah serta 1 dus peralatan kebersihan untuk sekolah yang diterima oleh Syarifudin sebagai perwakilan dari pihak sekolah. (Letkol Laut (KH) Drs Heddy Sakti A/Mar)

Letkol Laut (KH) Drs Heddy Sakti A adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.