Sukses

Ahok: Pasar Baru Termasuk Tujuan Wisata Ibu Kota

Wagub Ahok mengungkapkan, Pasar Baru sebagai pasar tertua di Jakarta akan dimasukkan sebagai salah satu tujuan wisata Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, saat meresmikan Festival Passer Baroe 2013 di Jalan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, mengungkapkan bahwa pasar tertua di Jakarta itu akan dimasukkan sebagai salah satu tujuan wisata Ibu Kota.

"Supaya Pasar Baru jadi objek wisata, kita masukkan ke daftar tujuan wisata. Kita mau ubah. Karena ini bagian dari permata Jakarta. Seperti Kota Tua," ujar pria yang akrab disapa Ahok itu, Sabtu (15/6/2013) malam.

Sebab, menurutnya dalam perkembangan kota Jakarta, Pasar Baru seakan dikalahkan oleh banyaknya pusat belanja modern seperti mal yang terus bermunculan. Oleh karena itu, ia kembali menegaskan bahwa Pemrov DKI akan mengembangkan Kota Tua dan Pasar Baru menjadi bagian dalam rencana tersebut.

"Pak Gubernur memustuskan Kota Tua jadi kawasan ekonomi khusus. Kapal Pesiar dari luar negeri dapat bersandar di Pelabuhan Sunda Kelapa. Dari situ, perjalanan dimulai. Kita harapkan Monas, Lapangan Banteng, jika bisa juga hingga Cibitung bisa jadi satu kesatuan," kata Ahok.

Ia menambahkan, kawasan Pasar Baru harus terus dikembangkan, baik dari upaya Pemrov DKI maupun dari masyarakat sendiri. Karena pasar yang didirikan pada 1820 itu masih cukup terjaga keasliannya dengan menjual berbagai produk lokal dengan harga terjangkau, dari tekstil hingga kuliner.

"Ya kan minimal produk-produk lokal juga ada. Orang bisa belanja, bisa nawar-menawar juga. Suasananya juga bisa jalan-jalan. Dulu saya suka belanja di Pasar Baru kok," kata Ahok. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.