Sukses

PDIP Gabung Koalisi? Tjahjo: Namanya Politik, Mana yang Terbaik

Terkait hal itu, Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Tjahjo Kumolo mengaku tidak ada yang pasti dalam dunia perpolitikan.

Sepeninggalnya Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan (PDIP) Taufiq Kiemas, sejumlah kalangan menilai partai Banteng Moncong Putih akan mengubah sikap politiknya. PDIP dinilai akan melebarkan layarnya untuk berlabuh ke koalisi pemerintahan.

Terkait hal itu, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Tjahjo Kumolo mengaku tidak ada yang pasti dalam dunia perpolitikan. Karenanya, bukan tak mungkin PDIP bergerak dari oposisi menjadi koalisi. "Namanya politik, mana yang terbaik," kata Tjahjo di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Senin (10/6/2013).

Menurut Tjahjo, bagi PDIP yang terpenting adalah persatuan bangsa Indonesia. Untuk itu, langkah-langkah mana saja bisa diambil demi tujuan itu. "Soal beda pendapat (tak masalah), yang terbaik itu mana yang bisa bermuara bagi persatuan bangsa," ujar Tjahjo.

Taufiq memang dikenal banyak kalangan sebagai politisi yang selalu menjadi jembatan mereka yang berbeda pandangan. "Kami sekarang masih berkabung dan berduka. Tapi Pak Taufiq ini bagian yang tidak terpisahkan dengan perjuangannya yang konsistensi," ujar anggota Komisi I DPR itu.

Taufiq Kiemas yang juga Ketua MPR itu meninggal dunia di Singapura pada pukul 19.05 waktu setempat atau 18.05 WIB. Taufiq sebelumnya dirawat di General Hospital Singapura akibat kelelahan setelah menjalankan tugas negara pada 1 Juni 2013 di Ende, Nusa Tenggara Timur, dalam rangka memperingati kelahiran Pancasila. (Ism/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini