Sukses

Gedung Ambruk di AS, 1 Tewas 12 Luka

Petugas penyelamat hingga saat ini masih berusaha mencari korban lainnya.

Sebuah gedung berlantai 4 ambruk di Philadelphia, Amerika Serikat. Akibatnya 1 orang tewas dan 12 lainnya terluka. Diperkirakan, masih ada orang lain yang terjebak di reruntuhan gedung.

Kejadian nahas itu terjadi pada Rabu 5 Juni 2013, sekitar pukul 10.45 pagi waktu setempat. Petugas penyelamat hingga saat ini masih berusaha mencari korban lainnya. Mereka menggunakan keranjang seadanya dan tangan kosong untuk memindahkan batu-bata runtuhan gedung untuk membuka jalan agar bisa mencari korban lainnya.

Komisioner Pemadam Kebakaran Philadelphia Lloyd Ayers mengatakan, setidaknya ada 5 korban yang dibawa ke rumah sakit lokal.

"Ini operasi yang rumit dan sangat berbahaya," tutur Walikota Philadelphia Michael Nutter seperti diwartakan NBC10, Rabu (5/6/2013).

Saksi mata menerangkan, sesaat sebelum gedung tersebut ambrol, mereka mendengar ada suara gemuruh. Salah satu saksinya adalah Veronica Haynes yang sedang berada di lantai 5 apartemennya, seberang gedung yang ambrol itu.

"Saya sedang berdiri memandang ke luar jendela, menyaksikan beberapa pria bekerja di gedung tersebut. Dan hal terakhir yang saya tahu, terdengar suara 'Kaboom'," tutur saksi yang tak disebutkan namanya itu.

Saksi lainnya, Bill Roam (54), seorang insinyur yang sedang bekerja tidak jauh dari lokasi, juga mendengar ada bunyi keras dan segera lari. Bill menjelaskan pada saat itu, debu berterbangan hingga susah untuk melihat keadaan sekitar.

Sementara itu, seorang siswa SMA setempat, Jordan McLaughlan berkata, kalau dia sempat melihat beberapa orang di bawah tanah sedang memberikan gas oksigen kepada para korban.

"Saat itu sangat susah untuk bernafas, ada banyak debu saat itu," ungkap Mclaughlan. (Alv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini