Sukses

Berpakaian Seksi, Novi Amilia Harus Hormati Sidang

Ridwan menjelaskan, hakim juga sebaiknya menegur jika melihat terdakwa tak memakai pakaian yang sopan.

Sidang lanjutan pelanggaran yang diduga dilakukan Novi Amilia mengundang perhatian. Terdakwa penabrak 7 orang saat mengendarai Honda Jazz merah ini mengenakan pakaian yang sangat seksi.

Novi datang ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat sekitar pukul 11.40 WIB terlihat mengenakan kaus hitam berbelahan dada rendah dan rok mini yang dipadu dengan celana legging berwarna senada. Sebagian buah dadanya pun terlihat menyembul.

Mahkamah Agung menyatakan, berdasarkan aturan persidangan, terdakwa wajib mematuhi tata tertib. Seperti mengenakan pakaian yang sopan, tidak membawa senjata api, benda tajam, bahan peledak, dan barang lain yang membahayakan keamanan.

"Tapi pandangan soal sopan itu kan berbeda-beda. Terdakwa ataupun saksi yang hadir harus menghormati pengadilan," kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (4/6/2013).

Ridwan menjelaskan, hakim juga sebaiknya menegur jika melihat terdakwa tak memakai pakaian yang sopan. "Jika sudah terlanjur memakainya, hakim seharusnya meminta terdakwa memakai pakaian sopan dalam sidang berikutnya," ujarnya.

Meski demikian, lanjut dia, aparat pengadilan pun dapat meminjamkan pakaian kepada terdakwa ataupun saksi. "Bisa saja dipinjamkan oleh pihak pengadilan agar terdakwa mengenakan kemeja," ujar Ridwan. (Ary/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini