Sukses

Korban Gempa Taiwan Bertambah, 2 Tewas 21 Terluka

"Gempa dengan kekuatan besar menyebabkan 2 orang tewas dan 21 orang luka-luka. Satu orang lainnya dinyatakan hilang," kata petugas lokal.

Gempa berkekuatan 6,3 skala Ritcher (SR) mengguncang Taiwan pada Minggu siang 2 Juni. Laporan terbaru menyebutkan, jumlah korban gempa Taiwan bertambah, dari 1 menjadi 2 korban tewas. Lalu, ada 21 lainnya terluka.

Satu korban tewas saat sedang mendaki gunung Mount Ali. Ia tertimpa reruntuhan bebatuan.

"Gempa dengan kekuatan besar menyebabkan 2 orang tewas dan 21 orang luka-luka. Satu orang lainnya dinyatakan hilang," kata petugas lokal, seperti dimuat News.com.au, Senin (3/6/2013).

Badan Seismologi Taiwan menyebut gempa tersebut mengguncang dengan kekuatan sekitar 6,3 SR. Sementara Badan Geologi Amerika Serikat melaporkan lindu tersebut berkekuatan 6,2 SR.

"Gempa terjadi pada pukul 1.43 siang, waktu setempat. Pusat gempa berada di titik 32 km Kota Nantou Timur, dengan kedalaman mencapai 10 km," sebut Badan Seismologi Taiwan.

"Pemerintah telah mengirim 4 helikopter untuk mengantisipasi dampak gempa," ujarnya.

Wilayah Nantou sebelumnya juga pernah dilanda gempa superbesar 7,6 SR, hingga menewaskan 2.400 orang, pada 21 September 1999. Karena itu, gempa saat ini menjadi perhatian penuh warga dan pemerintah Taiwan. (Riz/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.