Sukses

Megawati Desak Pemerintah Tetapkan 1 Juni Libur Nasional

Alasan Mega, hari lahir Pancasila adalah salah satu tonggak sejarah bangsa.

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mendesak agar pemerintah menjadikan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni sebagai hari libur nasional. Menurutnya, hari lahir Pancasila adalah salah satu tonggak sejarah bangsa.

"Kami mengusulkan bahwa 1 Juni sebagai hari libur nasional," kata Megawati di Tugu Proklamasi, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2013).

Megawati menjelaskan, dalam pidatonya pada 2 tahun yang lalu, Presiden SBY menyatakan akan menjadikan 1 Juni sebagai tanggal merah. "Sampai sekarang, hal ini belum dilakukan," cetus Presiden ke-5 RI itu. 

Tanggal 1 Juni, lanjut putri Proklamator Soekarno itu, adalah hari kelahiran Pancasila yang menjadi salah satu tonggak sejarah Indonesia. "Tetapi, belum dilaksanakan. Jadi kami ingin hal itu segera direalisasikan," tegas dia.

Pancasila awalnya dikemukakan oleh Soekarno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni 1945. Yang memuat dasar-dasar sebagai berikut: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, dasar perwakilan, dasar permusyawaratan, kesejahteraan, ketuhanan. Nama "Pancasila" juga diucapkan Soekarno kala itu. (Riz/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.