Sukses

JK: SBY Layak Terima World Statesman Award

Pria yang akrab disapa JK ini mengatakan, telah memberikan selamat kepada Presiden SBY.

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi positif penghargaan World Statesman Award 2013 dari organisasi The Appeal of Conscience Foundation (ACF) yang diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Menurutnya, penghargaan itu merupakan penghargaan untuk bangsa.

Pria yang akrab disapa JK ini mengatakan, telah memberikan selamat kepada Presiden SBY. Bagi JK, penghargaan tersebut memang layak diterima mantan pasangannya itu.

"Jika ini untuk kepentingan seluruh bangsa, iya (SBY pantas mendapat penghargaan)," ujar JK di Tugu Proklamasi, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2013).

Dijelaskan dia, penghargaan World Statesman Award 2013 untuk SBY karena Indonesia merupakan negara plural. Namun JK tidak membantah plural tersebut juga menyebabkan adanya berbagai konflik yang bersumber dari agama.

"Bahwa ada masyarakat, kejadian (konflik) iya," ujar JK.

SBY menerima penghargaan World Statesman Award 2013 pada Kamis 30 Mei 2013 waktu setempat atau Jumat 31 Mei pagi WIB di Garden Foyer, Hotel The Pierre, New York, Amerika Serikat.

Dalam sambutannya, SBY mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut dan mengatakan penghargaan ini pada hakikatnya merupakan penghargaan bagi rakyat Indonesia.

The Appeal of Conscience Foundation adalah sebuah organisasi lintas keyakinan yang bermarkas di New York dan memberi penghargaan World Statesman Awar setiap tahun kepada pemimpin dunia yang mendukung misi yayasan ini untuk menggalang toleransi beragama dan penghormatan terhadap HAM.

Selain Presiden SBY, penghargaan serupa juga pernah diberikan kepada Presiden Prancis Nicholas Sarkozy, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak, dan Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev. (Riz/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.