Sukses

Pengumuman SNMPTN Via Online, SMA 13 Jakarta Sepi

Sejumlah siswa SMA 13 Jakarta yang lolos SNMPTN tetap menyempatkan datang ke sekolah meski sudah mengetahui hasil seleksi melalui sistem online.

Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 melalui sistem online membuat sekolah sepi. Seperti di SMA 13 Jakarta di Jalan Seroja, Berdikari, Jakarta Utara, yang terlihat lengang, padahal 27 persen lulusannya diterima melalui jalur SNMPTN. Namun, sejumlah siswa tetap menyempatkan datang kendati telah mengetahui hasil SNMPTN.

Firdaini (18), salah seorang lulusan kelas IPA, mengaku awalnya segan datang ke sekolah karena dirinya sudah mengetahui informasi hasil seleksi dari internet. Siswi berjilbab yang mendapat nilai UN 87,5 tersebut berhasil lulus di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

"Janjian ketemu sama kawan di sekolah. Saya dapat Fakultas Kedokteran di Andalas, Padang. Nggak nyangka juga, soalnya kan Fakultas Kedokteran," kata Firdaini saat ditemui Liputan6.com di sekolahnya, Selasa (28/5/2013).

Kebahagiaan serupa juga dirasakan teman sekelasnya, Faqih Riski Utomo (17), yang diterima di Universitas Negeri Jakarta. Faqih sebelumnya tak menyangka diterima UNJ, karena itu lulusan yang meraih nilai UN 77 itu mengantisipasi dengan mendaftar di Akademi Kepolisian untuk jaga-jaga jika tidak lulus di SNMPTN.

"Nggak nyangka, faktor luck aja. Di UNJ ambil Pendidikan Jasmani. Tadi malam sudah lihat, Bapak dan Ibu senang, syukur banget," cetus Faqih.

Kepala Tata Usaha SMA 13 Ariman Artdjal mengatakan, sebanyak 27 persen dari 328 siswa yang lulus diterima melalui jalur SNMPTN. Dari 89 anak yang beruntung itu, 34 orang diterima di Universitas Indonesia, 4 orang di Institut Teknologi Bandung, 6 orang di Universitas Diponegoro, dan di sejumlah perguruan tinggi negeri lainnya. (Ado/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini