Sukses

`Giving Back` Jadi Alasan KPK Sita Gitar Metallica Jokowi

Gitar bass milik Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang merupakan pemberian dari personel band Metallica, Robert Trujillo, kini jadi milik negara.

Gitar bass milik Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang merupakan pemberian dari personel band Metallica, Robert Trujillo, kini jadi milik negara. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) punya alasan kuat kenapa gitar itu harus disita.

"Jadi itu pemberian terkait jabatan dan diberikan oleh Jonathan Liu sebagai promotor. Dan Jonathan Liu-lah yang punya inisiatif untuk meminta temannya mengambil gitar dan meminta tanda tangan (Trujillo) untuk gitar tersebut. Jadi gitar itu atas permintaan tersebut untuk ditandatangani," jelas Direktur Gratifikasi KPK, Giri Supradiyono di Balaikota, Jakarta, Selasa (28/5/2013).

"Jadi ada unsur kepentingan," tegas Giri.

Selain itu, tambah Giri, dalam gitar tersebut terdapat dua tulisan dari tangan yang berbeda. Tulisan 'Giving Back' di gitar itu juga menjadi dasar KPK menganggap pemberian tersebut adalah gratifikasi.

"Karena gitar itu ada tulisan 'Giving Back', dalam bahasa Indonesia bisa diartikan minta timbal jasa. Dan tulisan itu berbeda dengan tulisan yang lain. Tanda tangan Trujillo yang beda dan itu orang lain yang tulis. Orang lain yang nambahin," jelas Giri.

Pada 3 Mei lalu, Jokowi menceritakan awal mula bagaimana bass bermerek Ibanez tersebut diberikan kepadanya. "Awalnya teman saya bernama Jonathan Liu ke Amerika bertemu dengan Trujillo untuk mengundangnya konser di Indonesia," tutur Jokowi.

Selain dihadiahi bass yang telah ditandatangani Trujillo, Jokowi juga mendapatkan CD asli band Metallica. Di hadapan para wartawan, Jokowi juga memamerkan foto Trujillo tampak bertopi dengan bass yang diberikan kepadanya. "Ini foto Trujillo sebelum gitarnya dikasih ke saya. Bagus kan," ujar Jokowi sambil tersenyum lebar. (Mut/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.