Sukses

Pilkada Jateng Lancar, Warga Solo Gelar Pesta Jenang Sumsum

"Kita berharap setelah pilgub ini, Kota Solo aman dan sentosa. Dan pasangan yang menang tidak sombong dan bekerja untuk rakyat," kata Al Munawar.

Ratusan warga Solo, Jawa Tengah, merayakan suksesnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah. Mereka berkumpul di Pasar Gedhe Solo, menggelar pesta jenang sungsum atau bubur sumsum sebagai simbol kekuatan agar gubernur terpilih diberi kekuatan dalam memimpin Jateng.

Warga yang terdiri dari pedagang pasar dan sopir becak berkumpul menggelar syukuran jenang sumsum, bubur putih beras ketan, sebagai simbol kemakmuran.

Sebelum sajian dibagikan gratis kepada warga dan seluruh pedagang pasar, digelar doa bersama yang dipimpin oleh Ketua Lintas Agama Kota Solo Al Munawar. Setelah didoakan, jenang sumsum itu pun jadi rebutan warga.

"Kita berharap setelah pilgub ini, Kota Solo aman dan sentosa. Dan semoga pasangan yang menang tidak sombong dan terus bekerja untuk rakyat," kata Al Munawar di Solo, Senin (27/5/2013).

Pengurus pasar menyediakan 2 wajan besar jenang sumsum sebagai bentuk dukungan sekaligus doa agar gubernur terpilih agar berhasil dan tetap diberi kesehatan dalam memimpin Jawa Tengah.

Hasil quick count atau hitung cepat sejumlah survei menyebutkan Pilkada Jateng dimenangkan pasangan Cagub Ganjar-Heru. Hasil Hitung cepat Syaiful Mujani Research and Consulting (SMRC), dari jumlah sampel Pilkada Jateng yang masuk, 49,93 persen suara memilih pasangan Ganjar-Heru yang diusung PDIP.

Sementara itu, suara terbanyak ke 2 diperoleh pasangan Bibit Waluyo-Sudjiono. Pasangan yang diusung oleh Partai Demokrat (PD), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Golkar (PG) ini memperoleh 30,15 persen.

Sedangkan pasangan nomor 1, Hadi Prabowo-Don Murdono berada di urutan paling buncit. Pasangan yang diusung PPP, PKS, PKB, Gerindra, Hanura, dan Partai Keadilan Nasional Ulama (PKNU) ini memperoleh 19,92 persen. (Adi/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini