Sukses

Trenggalek, Surga Memancing di Jawa Timur

Bagi Anda yang mempunyai hobi memancing, alangkah baiknya jika mecoba salah satu spot di wilayah selatan Pulau Jawa ini. Tepatnya di Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur.

Citizen6, Jawa Timur: Bagi Anda yang mempunyai hobi memancing, alangkah baiknya jika mencoba salah satu spot di wilayah selatan Pulau Jawa ini. Tepatnya di Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur.

Selain medannya yang menantang, ikan-ikannya pun tidak kalah dengan wilayah di perairan indonesia. Inilah beberapa lokasi pantai dan letak posisinya yang bisa Anda jadikan referensi bila berkunjung ke Trenggalek.

Pertama, Pantai Ngadipuro, merupakan pantai kampung nelayan yang memiliki panorama yang indah dengan pasir putihnya, landai, dan berombak sedang. Pantai ini terletak di sebelah barat Pantai Blado, yang sama-sama berada dalam satu Kecamatan, yakni Munjungan. Di tempat ini, perahu ikan juga sering berlabuh seperti di Teluk Prigi. Titik koordinat pantai ini adalah di 08.19.15 Lintang Selatan dan 111.31.65 Bujur Timur.

Kedua, Pantai Blado bertempat di desa Munjungan kecamatan Munjungan, 49 km arah selatan dari kota Trenggalek, 80 km dari Tulungagung, 230 km dari Surabaya. Panoramanya yang indah dengan tekstur pantainya putih, landai dan ombaknya yang besar sangat cocok untuk kegiatan selancar air dan tentunya spot yang bagus untuk para pemancing. Titik koordinat pantai ini adalah 08.18.72 Lintang Selatan dan 111.34.17 Bujur Timur.

Ketiga, Pantai Prigi terletak di Desa Tasikmadu, kecamatan Watulimo, sekitar 69 km arah selatan kota Trenggalek/ Tulungagung. Titik Koordinat memancing di pantai ini adalah 08.17.18 Lintang Selatan dan 111.43.42 Bujur Timur.

Selain lokasinya yang bagus sebagai tujuan memancing, wisata alam serta hasil bumi yang dihasilkannya pun sangat indah dan bisa dijadikan pilihan bagi Anda penyuka travelling. Sedangkan bagi Anda, para pemancing pemula, tips ini mungkin bisa berguna bagi Anda. 

1. Kita tentukan dulu spot (lokasi mancing), ini untuk menentukan letak/grombolan ikan.
2. Kita harus mengetahui kapan air laut pasang atau surut dan arah angin. Karena ini berpengaruh pada ombak dan sambaran ikan ke umpan.
3. Mengenai umpan, cukup dg udang, cumi dan teri segar.
4. Tenik yang sering kita lakukan bisa dengan rock casting atau memancing dari tebing dengan rangkaian glosor. Menggunakan teknik ini untuk mendapatkan sasaran ikan, bisa dengan ayam (Pogot). Kalau memakai teknik surf casting (mancing di pasir), biasanya akan mendapatkan ikan lucu dan ikan onion travely. (Wahyu Setiyawan/Mar)

Wahyu Setiyawan adalah pewarta warga yang suka hobi memancing.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini