Sukses

Mendikbud Tunda Penindakan Hasil Investigasi Ujian Nasional

Menurut Nuh, dalam menindaklanjuti hasil investigasi UN hanya persoalan waktu yang tepat. Apalagi saat ini hasil Ujian Nasional tingkat SMP masih belum juga selesai.

Penindakan dalam sengkarut keterlambatan Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat di 11 provinsi belum terwujud. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh masih akan menunda sampai seluruh proses penghitungan hasil UN dari SMA hingga SD selesai.

"Saya belum tindak lanjuti berikutnya lagi. Nunggu selesaikan UN, kalau tidak siapa yang akan selesaikan," ucap Nuh di Kantor Kemendikbud, Jakarta Kamis (23/5/2013).

Menurut Nuh, dalam menindaklanjuti hasil investigasi UN hanya persoalan waktu yang tepat. Apalagi saat ini hasil Ujian Nasional tingkat SMP masih belum juga selesai. "Kan masih ada yang SMP. Begitu selesai, akan ditindaklanjuti," ujar dia.

Tapi satu hal yang ditegaskan Nuh, hasil investigasi ini tetap memperhatikan nasib para siswa. "Kalau disikat semua, siapa yang evaluasi jutaan siswa. Kalau tidak dikelola dengan baik, habis itu tidak ada yang ditangani, gimana? Malah menelantarkan jutaan siswa," papar dia.

Karena itu, Nuh menegaskan selesaikan dahulu semua proses UN, baru tindak lanjutnya. "Yakinlah akan kami tindak lanjuti," tegas mantan Rektor ITS Surabaya ini.

Soal dugaan korupsi senilai Rp 700 miliar dari penyimpangan dalam penggunaan APBN-P 2012 di Dirjen Kebudayaan juga belum ditindaklanjuti oleh Nuh. "Belum saya pekarakan, tapi laporan kita terima dengan baik. Berkas kita pelajari dulu baru akan ditindaklanjuti," ucap Nuh. (Ism/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini