Sukses

Tolak Beri Kuliah Umum HAM, Ahok: Nonton di YouTube Aja

Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI) mengundang Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk memberikan kuliah umum.

Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI) mengundang Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk memberikan kuliah umum pada Rabu 22 Mei mendatang. Undangan ini terkait pernyataan Ahok beberapa waktu lalu yang ingin memberi kuliah umum tentang hak asasi manusia (HAM).

Namun saat diundang secara resmi, Ahok menolaknya dan meminta pihak PBHI dan Komnas HAM melihat wawancara-wawancara dirinya mengenai HAM di salah satu situs berbagi video YouTube.

"Nonton di YouTube aja. Gue udah ngajarin HAM gitu banyak," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (21/5/2013).

Pria berkacamata ini pun kemudian meluruskan bahwa PBHI yang mengundangnya itu bukanlah bagian dari Komnas HAM. Hanya ketua PBHI yang kebetulan mempunyai istri yang merupakan anggota Komnas HAM. Sehingga bukan komisi nasional sendiri yang memanggilnya.

"Itu bukan Komnas HAM yang manggil. Itu PBHI (Poltak Agustinus Sinaga) yang panggil. Yang istrinya kerja di Komnas HAM," kata Ahok.

Bahkan Ahok mengatakan, apabila Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) ternyata mau memenuhi undangan tersebut, ia pun mempersilakan. Tetapi Mantan Bupati Belitung Timur itu menegaskan, perlu adanya kehati-hatian mengingat situasi Komnas HAM rawan.

"Pak Gubernur kesana aja. Itu orang nimpukin mobil sama orang Muara Baru di situ. Itu kan namanya perencanaan," tutup Ahok. (Riz/*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini