Sukses

16 RS `Pamit` KJS, Ahok: Buktikan Kenapa Rugi, Kita Suruh Hitung!

Sebanyak 16 rumah sakit di DKI Jakarta memutuskan untuk mundur dari program Kartu Jakarta Sehat (KJS). Alasannya, karena mengalami kerugian.

Sebanyak 16 rumah sakit di DKI Jakarta memutuskan untuk mundur dari program Kartu Jakarta Sehat (KJS). Alasannya, karena mengalami kerugian.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mempersilakan 16 rumah sakit tersebut untuk memutuskan KJS, asalkan memberikan penjelasan resmi tentang alasan mundur tersebut.

"Nggak apa-apa, asal dia bisa membuktikan kenapa dia rugi. Kita suruh hitung mereka," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Senin (20/5/2013)

Mantan Bupati Belitung Timur ini menyatakan, dengan jumlah premi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sebesar Rp 23 ribu, sudah saatnya Pemprov DKI mengevaluasi program layanan kesehatan gratis tersebut.

"Sudah saatnya kita evaluasi. Dari awal, rumah sakit sudah bilang, tidak bisa masuk pakai Rp 23 ribu. Ke dia (RS), kita bilang, kalau Rp 23 ribu kita batalin, kan tidak mungkin beradu argumentasi dengan pusat. Lebih baik, Anda jalankan 2 bulan, nanti kita evaluasi," jelas Ahok.

Pria berkacamata ini pun menuturkan, secepatnya akan sesegera mungkin memanggil Dinas Kesehatan bersama-sama mengevaluasi sistem KJS itu.

"Nanti kita evaluasi. Evaluasi ya harus tertulis. Jadi kelihatan, di mana cost-nya. Contoh kasusnya siapa. Nah kasusnya siapa, kita tanya mengapa kamu bisa bilang rugi, cara kamu nerima pasien gimana. Kan seperti masak daging, kalau kamu pesen seenaknya ya mahal," beber Ahok.

Untuk itu, wakil Joko Widodo atau Jokowi ini membutuhkan keterangan dari 16 rumah sakit tersebut, guna menelusuri apakah ada faktor lain yang menjadi penyebab kerugian rumah sakit

"Nah kita ingin lihat, apakah betul, kamu boros atau tidak, atau memang biayanya harus lebih mahal dari orang lain. Per paket, sakit ini, obatnya ini saja, kalau kamu pesen, beda kan," tutup Ahok.

Berikut 16 rumah sakit yang pamit dari pelayanan KJS:

1. Rumah Sakit Thamrin
2. Rumah Sakit Admira
3. Rumah Sakit Bunda Suci
4. Rumah Sakit Mulya Sari
5. Rumah Sakit Satya Negara
6. Rumah Sakit Paru Firdaus
7. Rumah Sakit Islam Sukapura
8. Rumah Sakit Husada
9. Rumah Sakit Sumber Waras
10. Rumah Sakit Suka Mulya
11. Rumah Sakit Port Medical
12. Rumah Sakit Puri Mandiri Kedoya
13. Rumah Sakit Tria Dipa
14. Rumah Sakit JMC
15. Rumah Sakit Mediros
16. Rumah Sakit Restu Mulya
(Riz/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.