Sukses

Jokowi Penuhi Panggilan Komnas HAM Bahas Waduk Pluit

Sebelumnya, mantan Walikota Solo itu menyatakan siap memenuhi panggilan Komnas HAM jika benar surat pemanggilan itu dikirimkan dan diterima.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dijadwalkan memenuhi panggilan Komnas HAM, Kamis (16/5/2013) pukul 14.00 WIB. Panggilan itu terkait dugaan pelanggaran HAM saat merelokasi warga sekitar Waduk Pluit, Jakarta Utara.

Dalam agenda di situs resmi Pemprov DKI Jakarta, tertulis, "Menghadiri pemanggilan pembahasan rencana penggusuran warga penghuni sekitar waduk pluit muara baru/Komnas HAM Jalan Latuharhary Jakarta Pusat."

Sebelumnya, mantan Walikota Solo itu menyatakan siap memenuhi panggilan Komnas HAM jika benar surat pemanggilan itu dikirimkan dan diterima. "Ya datenglah. Apabila saya diundang, saya dateng," ujarnya, Rabu 15 Mei 2013 lalu.

Kisruh bermula saat warga menolak direlokasi dari Waduk Pluit ke Rusun Marunda. Warga menuduh Jokowi telah melakukan pelanggaran HAM. Warga pun mengadukan intimidasi preman dan aparat kepolisian di sana.

Pemprov DKI Jakarta menyatakan, kehadiran polisi di sana untuk mengamankan para pekerja dari kemarahan warga yang menolak penataan Waduk Pluit. (Yus/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.