Sukses

Foto PM Jepang Bikin Korsel Berang

Surat kabar Jepang memasang foto kontroversial Perdana Menteri mereka, Shinzo Abe, dalam headline. Akibatnya, media Korea Selatan berang dan menghujatnya.

Surat kabar Jepang memasang foto kontroversial Perdana Menteri mereka, Shinzo Abe, dalam headline. Akibatnya, media Korea Selatan berang dan menghujatnya.

Seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (15/5/2013), dalam foto tersebut, PM Shinzo mengenakan seragam militer duduk di kokpit jet tempur latih T-4 bertuliskan angka 731. Dalam foto yang diambil di pangkalan angkatan udara Prefektur Miyagi 12 Mei lalu itu, Shinzo berpose tersenyum dengan acungan jempol dari tangan kanannya.

Angka 731 tersebut mengingatkan Korea dan China pada Unit 731, fasilitas riset perang biologi dan kimia yang digunakan Jepang dalam Perang China-Jepang pada 1937-1945, serta Perang Dunia II.

Unit tersebut bermarkas di kota Harbin, China dan digunakan sebagai tempat tawanan dari China, Korsel dan Uni Soviet. Karenanya, foto PM Shinzo dengan mengacungkan jempol dan angka 731 itu mengingatkan luka lama Negeri Ginseng.

Bahkan media massa Korsel menyebut foto Abe tersebut ditujukan kepada China dan Korea Selatan yang pernah menderita di bawah pendudukan dan kolonisasi Jepang.

"Ini provokasi tanpa henti (Shinzo) Abe!" tulis harian Chosun Ilbo.

"Pose (Shinzo) Abe itu membangkitkan horor Unit 731," kecam surat kabar berbahasa Inggris JoongAng.

Meski demikian, Jepang membantah telah melakukan provokasi lewat foto tersebut. Kementerian Pertahanan Jepang menegaskan, kesamaan nomor pesawat dengan Unit 731 adalah kebetulan belaka.

"Tidak ada maksud tertentu dengan nomor di pesawat latih Pak Perdana Menteri," jelas juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang. (Riz/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.