Sukses

Banyak Orang Kaya Kuasai Waduk Pluit, Jokowi: Iya Memang Ada

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi mengakui tidak hanya warga kelas bawah yang tinggal di atas lahan Waduk Pluit.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi mengakui tidak hanya warga kelas bawah yang tinggal di atas lahan Waduk Pluit. Namun banyak juga warga kaya yang mendirikan rumah mewah di atas tanah waduk tersebut.

"Iya memang ada. Datanya sudah ada. Sudah kita pegang. Tapi kita tidak ingin buka-buka," ujar Jokowi usai mengikuti acara PKK DKI Jakarta, di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2013).

Berdasarkan data yang telah Jokowi pegang, para orang kaya di lingkungan Waduk Pluit tersebut mempunyai puluhan rumah sewa yang saat ini dihuni oleh warga yang sebagian menolak untuk dipindahkan.

"Ada yang 1 orang punya sewaan 20, ada 1 orang punya sewaan 15. 1 Orang punya sewaan 12. Banyak pokoknya," ungkap Jokowi.

Dia pun geram dengan adanya orang-orang kaya penguasa lahan yang sebenarnya ilegal bagi warga tersebut. Apalagi, selain menolak, banyak dari mereka ketika diminta pindah malah meminta uang ganti rugi.

"Kalau seperti itu terus-terusan, kemudian dikasih uang kerohiman, dia mendapat keuntungan sebulan saja sudah berapa juta," tukas Jokowi. (Frd/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.